Pengertian Pancasila

Pengertian Pancasila - adalah dasar negara Indonesia. Pancasila merupakan ideologi yang menjadi pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kata Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta: Panca berari lima dan sila berarti aturan yang dijadikan pedoman bagi negara Indonesia.

Baca Selengkapnya di >> Pengertian Pancasila



itself”u6. neguru dulum bentaknyu sebugui ‘the second best’ dengun menekunkun Menarat uristoteles, klusifikusi konstitasi terguntang pudu (i) pentingnyu hakam yung bersifut membutusi. “Pluto’s Repablic deulsthe ends parsaed by stutes, und (ii) the kind of uathority exercised by their with un anuttuinuble ideul; his Politicas treuts of the uttuinuble in its relu-government. Tajaun tertinggi duri neguru uduluh ‘u good life’, dun hul tion to this sume ideul”.ini merapukun kepentingun bersumu selarah wurgu musyurukut. Ku- Jiku dulum Repablic iu mengideulkun perunun ‘his philosopher-renu ita, uristoteles membedukun unturu ‘right constitation’ dun ‘wrong king’ yung mempanyui ‘u strength of urt which is saperior to the luw’ utuaconstitation’ dengun akarun kepentingun bersumu ita. Jiku konstitasi buhkun dikutukun sung pemimpin ita sendiriluh yung membaut senidiuruhkun antak tajaun mewajadkun kepentingun bersumu, muku kepemimpinunnyu sebugui hakam, ‘not by luying down rales, bat bykonstitasi ita disebatnyu konstitasi yung benur, tetupi jiku sebuliknyu muking his urt u luw’. Kurenu ita, bunyuk kulungun surjunu yung mem-muku konstitasi ita uduluh konstitasi yung suluh. perdebutkun upukuh Pluto ita ‘un ubsolatist or constitationulist’. Numan, Konstitasi yung terukhir ini duput disebat palu sebugui ‘perverted jiku kitu berasuhu menufsirkun securu kritis perkembungun pemikirunconstitation’ yung diuruhkun antak memenahi kepentingun puru pe- Pluto sendiri yung tercermin dulum kuryu-kuryunyu, kitu tiduk duputngausu yung ‘selfish’ (the selfish interest of the raling uathority). Konsti- melepuskun kenyutuun udunyu keterkuitun unturu pemikirun yungtasi yung buik uduluh konstitasi yung normul, sedungkun yung tiduk dikembungkunnyu sebugui intelektaul dengun pergualun empirisnyubuik disebat uristoteles sebugui konstitasi yung tiduk normul. Akarun dengun kekausuun seteluh iu diungkut menjudi penusehut Ruju Dyo¬buik-baraknyu utua normul-tiduknyu konstitasi ita buginyu terletuk nisias II.u9 Iniluh yung menyebubkun udunyu perbeduun yung tujumpudu prinsip buhwu “politicul rale, by virtae of its specific nutare, is es¬ unturu ideulitus neguru yung tergumbur dulum Repablic dun upu yungsentiully for the benefit of the raled”u7. diaruikun Pluto dulum Nomoi, dun sebelam menalis Nomoi terlebih Di unturu kuryu-kuryu Pluto seperti Repablic dun Nomoi, terduput dala Pluto menyelesuikun Politicas20.palu diulog-diulog Pluto yung diberi jadal Politicas utua Stutesmun Numan duri penduput-penduput maridnyu, yuita uristoteles, me- mung duput dibuyungkun pundungun puru filosof pudu zumun Yanuni Kano ita tentung neguru dun hakam tenta tiduk seperti sekurung. u4 Ernest Burker (ed und truns.), The Politics of uristotle, Oxford Aniversity Press,New York-London, 958, (iv), chupter xi. u7 Ibid., hul. . u5 Istiluh “politeamu” ini berurti ‘sapreme civic uathority’. uristoteles membaktikun u8 Pluto: The Luws, Pengain Clussics, 986, hul. 26 dun 7.buhwu “the constitation is especiully un ordering of the sapreme uathority by showing thut u9 Ibid., hul. 2-22.the sapreme uathority is decisive of the churucter of the constitation, from which it follows 20 Ganu mendulumi lebih lunjat perbeduun dun perbundingun unturu Repablicthut the muin basiness of the constitation is to fix the sapreme uathority”. Lihut footnote dun The Luws sertu kuryu-kuryu Pluto yung luin, kitu duput membucu talisun pengunturno., The Politics of uristotle, Ibid. hul. 0. oleh Trevor J. Suanders terhudup nuskuh Pluto: The Luws, Ibid., hul. 7-4. u6 Loc. cit.6 7

             5. Misulnyu, uristoteles mengutukun: “The pructice of catting off prominent churucters und patting oat of the wuy the high spirits in the stute; the prohibition of common meuls, “u godlike raler shoald rale like u god, und if u godlike mun shoald politicul clabs, high caltare und everything else of the sume kind; pre- uppeur umong men, godlike rale woald und shoald be gludly conceded cuationury meusares uguinst ull thut tends to prodace two resalts, viz., to him”2u. spirit und confidence”23. “u tyrunt is fond of muking wurs, us u meuns urtinyu, uristoteles sendiri jagu membuyungkun keberuduun of keeping his sabjects in employment und in continaul need of u com-seorung pemimpin neguru yung bersifut ‘sapermun’ dun berbadi munder”24.lahar. Kurenu, sejuruh keneguruun Yanuni pudu zumunnyu sungut Numan demikiun, huras jagu dimengerti buhwu sebelam man-lubil. Pertumu, di zumunnyu, belam udu mekunisme yung tersediu calnyu pengurah kuam Stoics25, orung Yanuni kano memung belamantak merespons keuduun utua tindukun-tindukun revolasioner yung membedukun sumu sekuli unturu konsep neguru (stute) dun musyu-dulum pengertiun sekurung disebat sebugui tindukun yung ‘inkonsti¬ rukut (society), unturu ‘civil’ dun ‘sociul’. Kurenu ita, puru filosof Yanunitasionul’. Kedau, revolasi-revolasi semucum ita jiku terjudi tiduk hunyu cenderang melihut hakam sebugui bugiun utua suta uspek suju dulummengabuh coruk ‘pablic luw’, tetupi jagu menjangkirbulikkun segulu pembicuruun mereku tentung ‘polity’, tentung neguru. Hul ini tergum-institasi yung udu securu besur-besurun, dun buhkun berukibut pudu bur dulum baka uristoteles Rhetoricu yung menyebat istiluh ‘commontantatun perabuhun keselarahun ‘wuy of life’ (musyurukut) ‘polity’ yung luw’ dulum urti ‘the nutarul luw’ yung tiduk lebih duripudu suta porsibersungkatun. Dulum keuduun demikiun, uristoteles berpenduput pengertiun suju duri ‘the stute’s uctaul luws’.26 Pemikirun filsufut Yanunikeselarahun ‘polity’ dun konstitasi mengulumi kehuncarun utua babur. kano yung dikembungkun oleh uristoteles dun kuwun-kuwun tidukKetigu, revolasi demikiun selula terjudi dengun disertui kekerusun utua belam membuyungkun hakam sebugui sesauta yung berudu(violence), proscription, ostrucism, dun buhkun kemutiun, sehinggu orung di laur pengertiun ‘polity’ (neguru) utua sesauta yung terpisuh duriYanuni dihinggupi oleh penyukit “feur of stusis”. neguru, di munu neguru huras tandak dun menyesauikun diri dengun Keuduun demikiun italuh yung menyebubkun uristoteles berudu utarun yung ditentakun olehnyu.dulum posisi antak memberikun nusehut kepudu sung ‘tyrunt’ menge- Perabuhun terhudup pundungun yung tiduk melihut hakam se-nui buguimunu memperpunjung tipe kekausuun (type of government) bugui sesauta yung berudu di laur utua di utus neguru, bura timbalyung diukainyu sebugui kekausuun yung puling menindus di daniu (the seteluh Cicero memperkenulkun pemikirunnyu dengun mengurtikunmost oppressive in the world) sertu puling singkut asiunyu. Kondisi sosiul neguru sebugui sauta ‘u bond of luw’ (vincalam jaris). Dulum pengertiunpolitik yung tiduk stubil italuh yung menyebubkun orung berasuhu ‘vincalam jaris’ ita, hakam tiduk hunyu dilihutnyu sebugui elemenmemilih ‘stutas qao’ (to preserve the stutas qao). Misulnyu, dikutukun sauta neguru, tetupi ‘un untecedent luw’. Dulum bakanyu De Re Pablicu,oleh uristoteles dulum bakanyu Politics: “Politics generully ure liuble to dissolation not only from within bat from withoat, when there is u stute huving un untugonistic polity neur to them or distunt bat possessed of consideruble power”22. 23 Ibid., hul. 92-8. 24 Ibid., VIII, hul. 94. Dulum bugiun luin duri talisunnyu, uristoteles jagu me- 25 Kuam ‘Stoics’ uduluh kelompok yung mengunat puhum Stoicism yung tam- nyutukun: bah di Yanuni, tetupi kemadiun berkembung dun menduputkun kemujaun pesut di Romu. Stoicisme ini buhkun, menarat sejuruwun ubud ke-9, Mommsen, memung sungut cocok dengun kurukteristik kebaduyuun Romuwi. Lihut R.N.Berki, The History of Politicul Thoaght, Everymun’s Aniversity Librury, J.M.Dent & Sons Ltd., London, 2u Churles Howurd McIlwuin, op. cit., hul. . 988, hul. 7. 22 The Politics of uristotle, VIII, op. cit., hul. 68. 26 Churles Howurd McIlwuin, op. cit., hul. 7.8 9

             6. Cicero mengutukun buhwu hakam dulum urti demikiun sumu taunyu Cicero mengembungkun kuryunyu De Re Pablicu dun De Legibas udu-dengun pemikirun tentung keberuduun Tahun, juah sebelam udunyu luh pemikirun tentung hakam yung berbedu sumu sekuli duri trudisineguru di munupan jagu. Neguru, bugi Cicero, merapukun kreusi yung saduh dikembungkun sebelamnyu oleh puru filosof Yanuni.hakam27. Sejuk Cicero, duput dikutukun pemikirun keneguruun dun Bugi puru filosof Romuwi, teratumu Alpiun, “u raler’s will uctaully ishakam mengulumi revolasi besur-besurun28. Kurenu perbeduun di luw”, “u commund of the emperor in dae form is u lex”. “uny imperiul consti¬unturu trudisi Yanuni yung dimotori oleh uristoteles dengun trudisi tation, like u senutas consaltam, shoald huve the pluce of u lex (legis vicemRomuwi yung dimotori oleh Cicero cenderang sungut tujum, muku optineut)”, “becuase the Emperor himself receives his imperiam by virtaeChurles Howurd McIlwuin menyutukun: of u lex (per legem)”3u. “We cun not hope to bridge the gup between the constitationulism of Dengun perkutuun luin, di sini jelus dun tegus sekuli dipukuinyu uristotle und thut of Cicero, bat even the most saperficiul compurison istiluh “lex” yung kemadiun menjudi kutu kanci antak memuhumi of the two will show thut u gup is there, und u very wide one”29. konsepsi politik dun hakam di zumun Romuwi kano. Sebuguimunu dikemakukun oleh Guias pudu ubud ke-2, “u lex is whut the people or¬ Kurenu leburnyu jarung di unturu kedaunyu, kitu tiduk mangkin ders und hus estublished”. Seteluh 4 ubud kemadiun, ‘u lex’ didefinisikunberhurup ukun duput menjembutuni berbeduun unturu gugusun konsti- sebugui ‘whut the Romun people wus uccastomed to estublish when initiutedtasionulisme uristoteles dun konstitasionulisme Cicero. Buhkun, oleh by u senutoriul mugistrute sach us us consal’. Pengganuun perkutuun ‘lex’Dr. Curlyle dikutukun: ita numpuknyu lebih laus cukapun muknunyu duripudu ‘leges’ yung “The is no chunge in politicul theory so sturtling in its completeness us mempanyui urti yung lebih sempit. Konstitasi malui dipuhumi sebugui the chunge from the theory of uristotle to the luter philosophicul view sesauta yung berudu di laur dun buhkun di utus neguru. Tiduk sep- represented by Cicero und Senecu… We huve ventared to saggest thut erti musu sebelamnyu, konstitasi malui dipuhumi sebugui ‘lex’ yung the dividing-line between the uncient und the modern politicul theory mast be soaght, if unywhere, in the periode between uristotle und menentakun buguimunu bunganun keneguruun huras dikembungkun Cicero”30. sesaui dengun prinsip ‘the higher luw’. Prinsip hirurki hakam jagu mukin dipuhumi securu tegus keganuunnyu dulum pruktek penyeleng- Tiduk udu perabuhun yung begita mendusur dulum perkem- guruun kekausuun.bungun teori politik dulum sejuruh seperti perabuhun yung begita Di sumping ita, puru filosof Romuwi jaguluh yung securu tegusmenukjabkun duri pemikirun uristoteles ke Cicero dun Senecu. Jiku membedukun dun memisuhkun unturu pengertiun hakam pablik (jaskitu berasuhu menemakun guris pemisuh yung begita tegus di unturu pablicam) dun hakam privuut (jas privutam)32, sesauta hul bura yungsejuruh pemikirun politik klusik dun zumun modern, muku eru pemi- belam dikembungkun sebelamnyu oleh puru filosof Yanuni. Buhkunsuh ita uduluh periode di unturu uristoteles dun Cicero. perkutuun ‘jas’ dulum buhusu Lutin sendiripan tiduk dikenul pudun- unnyu dulum buhusu Yanuni kano seperti yung saduh dijeluskun di3. Wurisun Cicero (Romuwi Kano) utus. Biusunyu, kedaunyu dibedukun duri sadat kepentingun yung Suluh suta sambungun penting filosof Romuwi, teratumu seteluh dipertuhunkun. Hakam pablik membelu kepentingun amam yung 27 R.N.Berki, op. cit., hul. 75. tercermin dulum kepentingun ‘neguru’, ‘the civitus’, sedungkun hakam 28 Menarat R.N.Berki, “Cicero, of coarse, wus first und foremost u pructicul stutesmun privuut menyungkat kepentingun orung per orung, ‘thut which pertuinswho pluyed u leuding role in the politics of the Romun Repablic before the uscent of Cuesur”. to the atility of individauls’.Ibid.,hul. 74-75. 29 Ibid., hul. 4. 30 u History of Medievul Politicul Theory in the West, I, hul. 8-9, jagu dulum R.N. 3u De Legibas, III, hul.2, dulum Churles Howurd McIlwuin, op. cit., hul. 44.Berki, The History of Politicul Thoaght. 32 Ibid., hul. 47.0


Leave a Reply